Nikmatnya Blance de Poulet; Ayam Kukus Dipadu Rempah dan Bunga Telang.

Acara Good France adalah perayaan gastronomi Prancis secara serentak,di dunia. Tahun ini masuk tahun keempat pada 21 maret.
Blance de Poule
Good France adalah jamuan makan malam serentak di dunia yang diikuti 3.000 restoran. Menariknya, sajian itu dengan kategori unsur teknik memasak Prancis dengan bahan lokal. 

Di Indonesia, ada 10 kota yang menjadi peserta Good France, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Di Surabaya, ada tiga restoran yang menyuguhkan menu Good France, salah satunya adalah Restoran Indigo di Hotel Majapahit. 

Menu andalannya Chef Blance de Poulet. Keistimewaan ayam kukus itu karena dipadu rempah dan bunga telang. Menu itu memadukan gaya memasak Prancis dengan bahan 100 persen lokal. 
chef dan menu good france 
Menu itu sangat disukai orang Prancis maupun warga lokal karena penggunaan rempah dan ayam yang sangat empuk. Ini adalah makanan utama,

Dalam menu eksklusif bertarif Rp 1 juta itu, bahan utama ayam dengan campuran rempah dan olive oil. Executive Chef Caretaker Hotel Majapahit, Agus Sudibyo menjelaskan,   ayam  yang sudah dicampur lalu dimasukkan dalam vacuum pack. Setelah itu, ayam dimasak dengan suhu 63 derajat Celcius agar bakteri mati.Tak lama dimasak, kemudian dikukus selama 30 menit.

Hasilnya. daging empuk dan melted serta juicy. Sebelum disajikan, potongan ayam dioles dengan mentega dan garlic oil. Sebagai penyerta, disajikan pure dari saripati wortel dan apel. Ditambah dengan potongan bunga telang, kentang, dan buncis, munculah rasa yang unik. 

Benolt Bavouset, Direktur Institut Francais Indonesia Surabaya menilai menu itu berbeda. Dia yang sering menyantap masakan itu melihat bunga telang menjadi santapan enak 

 “Bunga ini bisa dimakan dan ternyata enak,” tuturnya. Perayaan Good France tahun ini mengangkat kekayaan kuliner kawasan barat daya Prancis, yakni Nouvelle -Aquitaine. Produk dan rasa khas kawasan itu menjadi inspirasi bagi para chef dan restoran partisipan dalam menu yang disiapkan. Di Indonesia, ada 39 restoran dengan beragam menu bistro, kontemporer, dan haute gastronomie. “Ini tentang cara menikmati hidangan sekaligus praktik sosial. Sesuai kebiasaan orang Prancis, saat makan dan minum sekaligus menjadi cara berinteraksi atau ngobrol bersama keluarga,” pungkas Thomas Evrad. General Manager Hotel Majapahit. 

Comments

Popular posts from this blog

Enak dan Manis Klepon dan Gempo Devi

Hotel Shangri-La Sediakan Takjil Dessert Sepanjang 10 Meter Ala Hotel Bintang Lima

Sensasi Pedasnya Ayam Goreng Richeese Factory Yang Bikin Ketagihan