Perayaan Internasional Cita Rasa Perancis; Good France 2017

Perayaan Internasional Cita Rasa Perancis; Good France 2017
Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual khas Prancis. Dalam tradisi itu ada pakem-pakem tertentu, yaitun rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif (menu penggugah selera), dilanjutkan makanan pembuka seperti ikan atau daging dengan sayur-sayuran dan keju, serta makanan penutup yang manis.

Dekorasi meja dan bahasa tubuh yaitu membaui dan menyicipi makanan yang dihidangkan adalah pelengkap ritual.

Gastronomi Perancis tak bisa dipandang sebelah mata. Masyarakat Perancis menjadikan memasak sebagai seni, berpadu dengan budaya lokal. Perancis sendiri punya festival gastronomi yang diadakan tiap tahun, yakni Good France.

"Good France atau Le Goût de France dalam bahasa Perancis merupakan sebuah festival rutin yang diadakan untuk menyambut musim semi dalam budaya Perancis

Tepat Selasa (21/3) para penikmat makanan Prancis sangat menikmati makanan istimewa di 2.000 restoran di seluruh dunia. Ada sekitar 2.000 menu spesial disuguhkan.

Khusus di Surabaya, ada tiga restoran yang ikut memeriahkan Good France yaitu, Citrus Lee, The Consulate, dan Vis a Vis di JW Marriott Hotel.

Di Vis a Vis di JW Marriott Hotel, hidangan pertama dibuka oleh Pan fried gateaux de dory (Sebuah perpaduan lembut garlic lemon kecap manis aioli, red radish) 
Pan fried gateaux de dory
Dilanjutkan dengan Seared scallops jeruk bali mousseline (artichoke, apples, cucumbers,red cabbage, crisp rempeyek udang) dan Grilled lamb loin sambal kasturi (zucchini puree,pernod lime sauce,crushed almonds). Keduanya memiliki rasa daging yang  empuk, dan lebih beefy.
Seared scallops jeruk bali mousseline
Grilled lamb loin sambal kasturi
Setelah itu, suguhan Soup berupa Creamy mint potage de petits pois (santan kelapa, anis seed, kemangi drizzle).
Creamy mint potage de petits pois
Hidangan utama dalam menu Good France adalah Baked salmon naniura tapenade yaitu Ikan salmon dilumuri bumbu naniura atau bumbu kuning jika di Jawa. Salmon ditaburi tapenute atau black olive bumbu dari Prancis dan dipanggang, dan Duo of viende tenderloin (potato dauphinoise, duo of rending & rosemary jus).
Baked salmon naniura tapenade
Duo of viende tenderloin
Untuk hidangan penutup, lidah dimanjakan oleh rasa manis Grand marnier soufflé (mango lemon grass sorbet).
Grand marnier soufflé

Comments

Popular posts from this blog

Enak dan Manis Klepon dan Gempo Devi

Hotel Shangri-La Sediakan Takjil Dessert Sepanjang 10 Meter Ala Hotel Bintang Lima

Sensasi Pedasnya Ayam Goreng Richeese Factory Yang Bikin Ketagihan